Perbandingan Freon R32, R22, R410A dan R290

Freon R32 ditemukan oleh Daikin Jepang pada tahun 2012, dan mulai digunakan oleh Daikin pada  AC mereka mulai tahun 2013.

Berikut ini daftar Perbedaan masing-masing Freon;

Perbandingan Tipe Freon di Indonesia
Jenis Freon ODP GWP Cooling Index Flammability
R22 0.05 1810 100 TIDAK
R410A 0 2090 92 TIDAK
R32 0 675 160 RENDAH
R290 0 Kurang dari 3 83 TINGGI

Keterangan;

ODP adalah Ozone Depletion Potential alias Potensi Perusakan Ozone

GWP adalah Global Warming Potential alias Potensi Pemanasan Global

Cooling Index adalah angka index dingin yang saya sudah sering jabarkan di beberapa artikel lain di website kami

Flammability adalah Tingkat mudah terbakar Freonnya.

Dari tabel diatas kita bisa melihat beberapa hal:

1. Freon R32 lebih ramah lingkungan dibandingkan R410A sekalipun karena memiliki GWP yang lebih rendah dibanding R22 dan R410A

2. Freon R32 memiliki angka index dingin yang JAUH LEBIH TINGGI bahkan dari R22, jadi tidak akan ada lagi komplen bahwa pake AC Inverter jadi lebih tidak dingin.

3. Freon R32 memang memiliki potensi mudah terbakar yang lebih tinggi dari R22 dan R410A namun jangan takut karena tidak dapat membuat AC meledak bahkan ketika rumah anda kebakaran.

4. Freon R290 sebenarnya adalah yang paling HIJAU, namun karena angka index dingin yang cukup rendah dan tingkat mudah terbakar yang cukup tinggi, baik Daikin dan Panasonic memutuskan untuk tidak menggunakannya.

Jadi setelah melihat penjelasan diatas, harusnya anda tidak perlu ragu lagi untuk memilih menggunakan AC yang menggunakan Freon R32 ataupun R410A sesuai peraturan pemerintah. Kalau ditanya mana yang paling bagus, dengan berani saya katakan Freon R32.

freon r32

Tabung Freon yang beredar di Indonesia ada 3, yang berwarna hijau adalah tabung Freon R22, yang berwarna pink atau merah muda adalah tabung Freon R410A, sedangkan tabung Freon R32 akan berwarna biru. Jadi jangan sampai salah ya, karena bila AC anda diisi oleh Freon yang tidak seharusnya, kompressor AC pasti akan jebol. Sama seperti mobil Diesel anda yang tiba-tiba diisi premium, pasti bakal jebol mesinnya. Kemudian dengan banyaknya merk Freon yang beredar, kami tekankan bahwa Freon R32 yang kami gunakan adalah merk DAIKIN langsung made in Japan, jadi kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Kami sudah menemukan merk Freon R32 KW1 dengan merk PURE yang harganya JAUH lebih murah dari Freon R32 merk Daikin. Hati-hati ya dengan penggunaannya karena pasti tidak sebagus Freon R32 asli merk Daikin. Gambar tabungnya ada seperti gambar diatas ya untuk yang merk Daikin.

Freon R32 memiliki “kelemahan” yaitu selain lebih mudah terbakar (flammable) walaupun tidak bisa membuat AC meledak atau menyebabkan kebakaran, Tekanan gas Freon R32 juga jauh lebih tinggi dibandingkan Freon R22 atau R410A. Hal ini yang menyebabkan untuk pemasangan AC harus menggunakan pipa tembaga yang memiliki ketebalan MINIMAL 0.6 mm

Pemasangan AC dengan Freon R32

Kemudian untuk pemasangan AC dengan Freon R32, pipa HARUS-WAJIB-TIDAK-BOLEH-TIDAK di vacuum dahulu sebelum pemasangan, tidak peduli pipa-nya masih baru dikeluarkan dari dus dan belum pernah dipakai. Untuk pemasangan AC dengan Freon R32, tetap HARUS di vacuum dahulu pipanya SEKURANG-KURANGNYA 20 – 25 menit. Hal ini untuk menjaga agar tidak ada setitik pun debu ataupun uap air yang masih menempel pada dinding dalam pipa tembaga. Bila anda, well, tukang pasang AC anda tidak melakukannya, walaupun anda pakai pipa paling mahal di Indonesia yaitu merk Kembla sekalipun, TIDAK ADA GUNANYA. Kompressor PASTI akan jebol sebelum masa garansi berakhir, dan tentu saja pihak pabrik pasti tidak mau bertanggung-jawab karena kesalahannya ada di instalasi AC bukan cacat pabrik.